Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 9
Pengunjung Bulan ini : 214
Total Pengunjung : 378

Peta Desa


Pelantikan Wali Nagari Tabek dan 53 nagari lainnya se-Kabupaten Tanah Datar

Tanggal : 15 Nov 2017 09:13 Wib



 

Pelantikan Wali Nagari Tabek dan 53 nagari lain nya se - Kabupaten Tanah Datar di  Gedung Nasional  Maharjo Dirajo Batusangkar, Senin (13/11/17) mengikuti dengan seksama pelantikan walinagari terpilih, serah terima jabatan sekaligus pelantikan ketua tim penggerak PKK nagari.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma dalam sambutannya pada acara pelantikan yang diikuti 52 walinagari terpilih yang didampingi ketua tim penggerak PKK nagari atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan selamat kepada walinagari yang dilantik.

“Kepada walinagari yang dilantik, saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat, semoga amanah yang diemban dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya,” sebut Zuldafri.

Zuldafri sampaikan tahapan pemilihan sudah berakhir, tahapan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan di masing-masing nagari dimulai. Lebih lanjut Zuldafri berpesan walinagari untuk bisa merajut persatuan dan kesatuan di masing-masing nagari. “Seluruh unsur di nagari diharapkan bahu-membahu membangun nagari, lupakan persaingan terdahulu, biduak lalu kiambang bertaut,” ucap Zuldafri.

Ke depan kata Zuldafri tantangan dan tugas berat sudah ada di depan mata, “Saya yakin orientasi walinagari maju adalah untuk pengabdian dan kemajuan masyarakat nagari, untuk itu dengan dana desa yang sudah cukup besar untuk masing-masing nagari harus dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, kualitas pendidikan, kualitas pengembangan agama, adat, dan budaya, pelayanan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat,” tuturnya.

Untuk itu sampai Zuldafri, walinagari terpilih berarti sudah menjadi milik masyarakat nagari sehingga harus merangkul segenap elemen masyarakat baik di nagari maupun perantauan.  Selain itu walinagari diminta melahirkan ide dan inovasi untuk kemajuan nagari. Kemajuan nagari menjadi ujung tombak kemajuan Tanah Datar secara keseluruhan.

Zuldafri juga ingatkan agar walinagari mematuhi aturan-aturan yang sudah ada. “Walinagari terpilih harus mempedomani aturan-aturan keuangan yang ada, kita tidak ingin walinagari nantinya tersangkut masalah hukum,” ucap Zuldafri.

Di kesempatan itu Zuldafri juga sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan alek demokrasi ini. “Alhamdulillah, alek demokrasi dapat berjalan dalam suasana badunsanak dan kondusif, terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan ini serta terima kasih atas pengabdian Pj. Walinagari,mudah-mudahan menjadi ladang amal di sisi Allah SWT,” pungkas Zuldafri.

Ketua TP PKK Ny. Emi Irdinansyah dalam sambutan pelantikan Ketua TP PKK Nagari mengatakan 10 program pokok PKK harus digiatkan di masing-masing nagari untuk peningkatan kualitas dan kesejahteraan keluarga.

“Persepsi kader PKK kurang kerjaan harus diluruskan dengan menunjukkan kerja cerdas dan kerja berkualitas, dan ini perlu didukung walinagari serta seluruh masyarakat,” ajak Ny. Emi.

Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra menyampaikan walinagari punya tugas berat dan mulia, walinagari dalam sehari 24 jam harus siap melayani masyarakat.

Demikian juga Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim yang juga atas nama tokoh masyarakat apresiasi pemkab. “Alhamdulillah semua proses berjalan lancar, walaupun di beberapa nagari ada selisih suara yang sangat tipis namun tidak terjadi keributan,” kata Irwan.

Sementara Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Syafrizal menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang telah sukses melaksanakan pemilihan walinagari serentak. “Pemprov memberi apresiasi atas pelaksanaan pilwana serentak yang berjalan sukses, aman dan kondusif, dan ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain di Sumatera Barat,” ucap Syafrizal.

Syafrizal juga ingatkan walinagari harus taat aturan yang berlaku. “Pemerintahan Jokowi-JK yang menitikberatkan pembangunan dari daerah pinggirian dan pedesaan memberi konsekwensi peningkatan dana desa yang disalurkan,” sebutnya. Untuk itu walinagari harus mempedomani aturan dan perundang-undangan yang ada.

Sebelumnya ketua Panitia yang juga sekaligus Sekda Hardiman melaporkan pelantikan diikuti 52 dari 54 walinagari se Tanah Datar. “Dua orang tidak bisa mengikuti pelantikan, Asrizalis walinagari terpilih Cubadak Kecamatan Lima Kaum izin berangkat umrah dan Syafriwal A walinagari terpilih Barulak Kecamatan Tanjung Baru karena sakit dan akan dilakukan pelantikan susulan,” terang Hardiman.

 


Kegiatan Desa Lainnya

Serah terima jabatan wali nagari tabek

Tanggal : 16 Nov 2017 23:14 Wib

Serah terima jabatan wali nagari tabek, dari pj wali nagari tabek yaitu ibu yusmaizar kepada bapak wali terpilih yaitu bapak rispel murni nurdin

Manasik Haji Taman Kanak-Kanak se-Kecamatan Pariangan

Tanggal : 26 Oct 2017 14:12 Wib

manasik haji di ikut oleh semua TK se-Kecamatan Pariangan

Musyawarah Desa tabek

Tanggal : 26 Oct 2017 10:33 Wib

Musda di adakan di balairung sari nagari tabek

Seleksi Calon kafila MTQ Nagari Tabek Kecamatan Pariangan

Tanggal : 20 Oct 2017 19:02 Wib

seleksi calon kafila MTQ

Pelatihan Bimtek Tanam Jajar Legowo

Tanggal : 19 Oct 2017 12:57 Wib

bimtek tanam jajar legowo